Rabu, 07 Oktober 2015

Massa Atom Relatif, Jumlah Partikel, Dan Mol

Massa Atom Relatif, Jumlah Partikel, Dan Mol

1.           A. Pengertian Massa Atom
Massa atom dari atom adalah massa atom yang dibandingkan dengan beberapa standar, seperti massa jenis tertentu atom karbon. Istilah massa atom dan berat atom sering digunakan secara bergantian, meskipun, tegasnya, mereka tidak berarti hal yang sama. Massa adalah ukuran dari jumlah total materi dalam suatu objek. Berat adalah ukuran beratnya obyek. Atom terdiri atas proton dan neutron yang dikelilingi elektron.
INGAT:
 - Nomor Atom = Jumlah Elektron = Jumlah Proton


             - Jumlah Neutron = Massa Atom - Nomor Atom




Cara mencari Nilai Proton, Neutron, dan Elektron










1.            2. Massa Atom Relatif (Ar)

Massa atom relatif adalah massa suatu atom jika dibandingkan dengan massa atom acuan. Namanya juga relatif, jadi tergantung pada yang melihat (atom yang jadi  acuan). Awalnya penentuan massa atom relatif suatu unsur kimia menggunakan pembanding atom hidrogen. Kemudian sejak 62 tahun yang lalu tepatnya tahun 1961 posisi hidrogen sebagai pembanding oleh IUPAC (International Union for Pure and Applied Chemistry) diganti oleh atom karbon C12. Dipilihanya atom karbon karena atom dari karbon lebih stabil. Massa atom relatif dilambangkan dengan Ar dengan satuan sma (satuan massa atom). Cara menentukan massa atom relatif dengan menggunakan rumus massa atom relatif:


Massa 1 atom sangat kecil jika di jadikan kedalam gram, oleh karena itu dibuat satuan untuk atom yaitu SMA(Satuan Massa Atom).




Contoh 1 : 






























3. Massa Molekul Relatif

Suatu molekul unsur atau molekul senyawa terdiri dari lebih dari 1 atom baik dari unsur yang sama maupun berbeda. Jika massa atom relatif dari unnsur-unsur pembentuk molekul tersebut dijumlahkan maka sobat hitung akan mendapatkan massa molekul relatif.

Contoh :
·        Berapakah massa molekul relatif garam dapur  (NaCl) dan asam sulfat (H2SO4) jika diketahui massa atom relatif Na = 23, Cl = 35, H = 1, S = 32, dan O = 16?

Jawab:
Massa Molekul Relatif NaCl = Ar Na + Ar Cl = 23+35 = 58 sma
H2SO= 2 Ar H + Ar S + 4 Ar O = 2(1) + (32) + 4(16) = 2 + 32 + 64 = 98 sma



·        Diketahui massa atom relatif (Ar) beberapa unsur sebagai berikut :
....Ca = 40, .O = 16, .H = 1
Tentukan massa molekul relatif (Mr) senyawa Ca(OH)2

Penyelesaian :
Satu molekul Ca(OH)2 mengandung 1 atom Ca, 2 atom O, dan 2 atom H
....Mr Ca(OH)2 = Ar Ca + 2(Ar O) + 2(Ar H)
.... .... .... ....   ..= 40 + 2(16) + 2(1)
                        = 40 + 32 + 2
.... .... .... ..    ...= 74


Jumlah Partikel dan Konsep Mol

A. Pengertian Partikel
      Partikel adalah bagian terkecil dari suatu materi. Setiap materi mengandung partikel­partikel kecil yang menyusun zat tersebut yang dapat berupa atom, ion, dan molekul. Sampai saat ini belum ada yang mengetahui bentuk partikel terkecil zat, para ilmuan berupaya mengembangkan beragam modelnya dari data yang mereka kumpulkan. Setiap zat yang berbeda disusun oleh partikel­partikel terkecil yang berbeda pula. Misalnya, air disusun oleh partikelpartikel terkecil yang berbeda dengan partikel­partikel terkecil yang menyusun gula pasir.

B. Pengertian Mol

       Menurut etimologi – ilmu yang memperlajari asal usul kata mol berasal dari bahasa yunani yakni “Moles” yang berarti massa. Maka defenisi mol (Mole – eng) adalah satuan unit SI untuk menghitung jumlah zat. Awalnya setara dengan 0,012 kg dari atom C-12 murni. Seiring perkembangan zaman, akhirnya ditetapkan bahwa.

1 mol = 6,0221367 x 10 23 partikel

Jumlah ini dikenal dengan bilangan avogadro dengan pembulatan menjadi 6,02 x 1023, sebagai bentuk kehormatan pada Amedeo Avogadro (1776 – 1856). Sikilas bilangan ini tampak sangat amat besar, tapi bagi kimiawan, hal ini sangat bermakna; terutama untuk menghitung stoikiometri kimia. Bayangkan saja, jika komputer bisa menghitung 1 miliar dalam 1 detik maka ia membutuhkan 20 juta tahun untuk menghitung sebanyak 6,02 x 10 23.

Hubungan mol dengan massa zat



Hubungan Mol (n) dengan Jumlah Partikel



Keterangan:   X   = Jumlah partikel/atom/molekul
                         = Mol (Gr/Mr)
                       L   = Konstanta Avogadro (6,02 x 1023)


Contoh soal 1 :
Coba tentukan jumlah partikel yang terkandung dalam 5 mol besi(Fe)
Penyelesaian:

Menentukan komponen yang diketahui dan ditanyakan:
Diketahui            : 5 mol besi
Ditanyakan         : jumlah partikel yang terkandung dalam besi tersebut.
Memasukkan komponen tersebut ke dalam persamaan dan menentukan jumlah partikel besi:

x = nL
= 5 mol x 6,02 x 1023
= 30,1 x 1023 = 3,01 x 1024
Jadi, jumlah partikel besi yang terkandung dalam 5 mol besi adalah 3,01 x 1024 atom besi.
Catatan: Partikel penyusun zat bisa berupa atom, molekul, atau ion.

Contoh soal 2:
Jika  2,4 x 1023 atom unsur “X” massanya adalah 60 gr, berapakah hasil Mr?


Jawab :



Demikianlah yang dapat saya postingkan, tentunya banyak kekurangan dan kelemahan kerena terbatasnya pengetahuan, kurangnya rujukan atau referensi karena saya juga masih newbie mengenai blog. Oleh karena itu, saya banyak berharap kepada para pembaca yang budiman memberikan kritik saran yang membangun demi sempurnanya artikel ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca khusus pada penulis. Aamiin ...

0 komentar:

Posting Komentar